Friday 22 April 2016

FIRMAN TIDAK HANYA MENJADI YESUS

Assalamualaikum w.b.t,

 “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.” Yohanes 1:1

Siapa yang tidak tahu atau tidak pernah mendengar tentang ayat ini? Pasti semuanya sudah pada tahu, bahkan bisa dipastikan semua orang Kristen hafal diluar kepala, bagaimana tidak, Yoh 1:1 ini adalah pemahaman mereka, yang mereka anggap adalah bukti ketuhanan Yesus.

Dalam bahasa aslinya (bahasa asli yang dimaksud adalah bahasa Yunani, yakni bahasa pada bible tertua, bukan bahasa Aram yang merupakan bahasa Yesus, silahkan anda fikir sendiri, mengapa bible tidak berbahasa Aram malah berbahasa Yunani, karena Alkitab yang tersisa hanya terjemahn Yunani. Firman berasal dari kata Logos, Logos dalam septuaginta (Al kitab perjanjian Lama Terjemahan Yunani) adalah terjemahan Dabar. Istilah ini juga jika dipararelkan dengan bahasa Aram bermakna Sabda.

Berikut dijelaskan secara sederhana berdasarkan contoh contoh di ayat-ayat Alkitab, perhatikan beberapa contoh dibawah ini,

Dan lagi firman Tuhan kepada Musa demikian: “Inilah nama orang-orang yang harus membagikan tanah itu kepadamu sebagai milik pusaka: imam Eleazar dan Yosua bin Nun. (Bilangan 34:16-17)

Lalu firman Tuhan kepadaku demikian:Telah cukup lamanya kamu berjalan keliling pegunungan ini, beloklah sekarang ke utara. (Ulangan 2:2-3)

Maka firman Tuhan Allah kepada perempuan itu: Apakah ini yang telah kauperbuat? Maka sahut perempuan itu: Si ular itu menipukan daku, lalu aku makan. (Kej 3:13)

Dari beberapa contoh ayat diatas sudah jelaslah apa itu Firman, dalam bahasa sehari hari kita, adalah Ucapan, atau kalimat atau kata-kata.
Saat Allah berbicara dibilang firman Allah.
Saat manusia berbicara dibilang ngomong manusia.
Tidak bisa bicara manusia dibilang firman manusia.

Semua ayat yang sudah diberi garis bawah semuanya adalah Firman Tuhan atau ucapan Tuhan. Lantas bagaimana menjelaskan bahwa Yesus adalah Firman Tuhan?

Untuk menjelaskannya, dibawakan beberapa contoh ayat dari bible sendiri agar mudah diterima dan dimengerti,

Maka firman Allah: Hendaklah ada terang. Lalu terangpun jadilah. Kej 1:3

Maka firman Allah: Hendaklah ada suatu bentangan pada sama tengah air itu, supaya diceraikannya air dengan air. Maka dijadikan Allah akan bentangan itu serta diceraikannyalah air yang di bawah bentangan itu dengan air yang di atas bentangan; maka jadilah demikian. Kej 1:6-7

Maka firman Allah: Hendaklah bumi itu menumbuhkan rumput dan pokok yang berbiji dan pohon yang berbuah-buah dengan tabiatnya, yang berbiji dalamnya di atas bumi itu; maka jadilah demikian. Kej 1:11

Jika ingin menjadikan sesuatu, Allah cukup berfirman atau cukup mengatakannya, maka terjadilah, Jangankan cuma manusia seperti Yesus, Alam semesta saja Allah ciptakan cukup dengan berfirman saja, karena
"karena tiap-tiap firman Allah, satu pun tiada yang mustahil.” Lukas 1:37

Jadi sama sekali tidak benar jika mengatakan bahwa Yesus adalah Tuhan, karna bukan hanya Yesus aja yang merupakan Firman Tuhan, semua alam semesta ini juga firman Tuhan bahkan kitab suci pun adalah kumpulan firman Tuhan.
Seperti Allah s.w.t berfirman dalam Alquran,

“Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” Maka terjadilah ia.” Yasiin ayat 82

Maka semua makhluk segala yang ada di bumi dan di langit penciptaannya dimulai dengan Firman ALLAH, yaitu dengan firmanNya Allah menciptakan sesuatu.
Buktinya berdasarkan ayat-ayat firman di Alkitab tersebut menunjukkan bahwa cahaya terang, air, pohon dan lain-lain juga adalah firman Allah, tetapi kenapa tidak dijadiin tuhan padahal adalah firman Allah?

Contoh:
Allah berfirman, "jadilah Yesus" 
Maka terciptalah Yesus menurut kemauan Allah.
Karena firman adalah kuasa Allah.

Kamu berbicara, "jadilah kursi"
Maka tidak terciptalah kursi, karena kamu harus menggunakan tanganmu untuk mencipta kursi.
Karena bicara kamu tidak punya kuasa seperti bicara (firman) Allah.

Ternyata umat Kristen gagal paham tantang ayat Yohanes 1:1-14 itu karena ayat itu menerang tentang firman Allah yang menjadi manusia, bukan Allah sendiri yang menjadi manusia.
Mana mungkin Allah atau tuhan menjelma menjadi manusia bahwa Allah udah mengatakan bahwa Dia bukan manusia (Bilangan 23:19)
Maka Allah tidak sama skali menjelma menjadi manusia.
Allah cuma menciptakan manusia dan segala pendapat mengatakan demikian cuma opini rekayasa manusia.

Yang harus kita pahami, kuasa Allah adalah dengan firman dan segala sesuatu kejadian adalah berdasarkan firman Allah, yaitu Dia hanya mengucap atau berkata JADI / KUN, maka akan TERJADI lah sesuatu itu (KUN FA YA KUUN). 
Maka apabila Allah mengucap jadilah seorang manusia, atau jadilah sebuah planet, maka akan terjadilah manusia, maka terjadilah sebuah planet.
KUN di situ adalah firman ALLAH.
Semua mahkluk dijadikan oleh Allah. Dia menjadikan hanya dengan berkata KUN / JADI sahaja, maka akan jadilah setiap makhluk itu.

Maka nya, sama seperti Allah jadikan Isa / Yesus, Dia hanya perlu berfirman KUN atau dimulai dengan firman Allah yaitu KUN, akhirnya jadilah Yesus (ini dimaksufkan "firman itu menjadi manusia), tetapi Yesus itu bukan TUHAN. 
Sama seperti penciptaan manusia lain, karena semuanya ALLAH menciptakan hanya menyebut KUN / JADI, maka JADI lah!
“Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya, “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia.” Ali ‘Imran: 59


Wallahua’lam

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Ku Deens Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top